Awas, Berbuat Maksiat di Bulan Rajab Dosanya Berlipat, Ini 4 Amalan Bulan Rajab



Maka demikianlah Allah berfirman dalam ayat di atas yang artinya: “…maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” Maksudnya adalah jangan sampai kita berbuat maksiat sehingga kita mendapatkan dosa yang berlipat di bulan ini.”
Kemaksiatan yang dilakukan di bulan ini dosanya lebih besar daripada kemaksiatan di bulan lain. Misalnya berbohong di bulan Dzulqa’dah dosanya lebih besar dari berbohong di bulan Syawal. Namun sebaliknya, jika seseorang melakukan kebaikan misalnya membaca Al Quran, maka pahalanya lebih besar daripada di waktu yang lain.
Ibnu ’Abbas mengatakan, ”Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.” (Latho-if Al Ma’arif, 207)

Tidak ada amalan khusus di bulan-bulan haram ini namun amal shalih yang biasanya dilakukan hendaknya benar-benar diagendakan lebih baik atau banyak lagi di bulan haram ini. Contoh amal yang bisa digiatkan di bulan haram ini antara lain:
1. Salat Fardhu
Usahakan shalat fardhu berjamaah terus di masjid. Jika sebelumnya sudah terjaga dengan baik, maka usahakan bisa berada di shaf pertama. Jika sudah terbiasa di shaf pertama, maka usahakan bisa mendapatkan takbiratul ihram dari imam. Demikian semakin meningkat dan meningkat.
2. Salat Sunnah
Usahakan menjaga shalat tahajud dengan witirnya di malam hari. Jika sudah terjaga, rutinkan shalat sunnah rawatib baik qobliyah maupun ba’diyahnya. Jika sudah terjaga, maka tambahi dengan shalat dhuha. Demikian seeterusnya.

0 Response to "Awas, Berbuat Maksiat di Bulan Rajab Dosanya Berlipat, Ini 4 Amalan Bulan Rajab"

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==